Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Seputar Listrik Padam

Bagi pehobi koi terjadinya listrik padam menjadi memiliki permasalahan tersendiri karena pada umumnya kolam koi memiliki peralatan listrik yang harus hidup selama 24 jam.  Banyak yang mengeluh ikan peliharaannya mati ketika listrikpadam berkepanjangan, terlebih lagi bagi pehobi yang tidak hanya sekedar menjalani hobi tetapi juga melakukan bisnis jual beli koi.

Untuk memahami lebih dalam apa yang terjadi pada kolam kita pada saat listrik padam berikut diuraikan masalah apa yang timbul dan bagaimana mengatasinya dalam bentuk Q & A.

Apa yang terjadi pada saat listrik padam?
Pada saat listrik padam semua peralatan kolam akan terhenti termasuk diantaranya pompa sirkulasi yang berfungsi mendifusi oksigen kedalam air sehingga supply oksigen kedalam kolam terhenti. Fungsi filter juga tidak berjalan sehingga air kolam akan menumpuk limbah amonia yang beracun.

Mengapa ikan koi tidak bertahan hidup lama pada saat listrik mati?
Ikan koi termasuk ikan yg mengkonsumsi Oksigen tinggi dibanding ikan jenis lain, dan ikan koi menghirup oksigen dari dalam air beda dg ikan Lele jadi jika kandungan oksigen tidak mencukupi maka ikan koi tidak akan bertahan lama hidup, pada kondisi ekstrim ikan koi hanya mampu bertahan pada kadar okigen 4ppm.

Berapa lama ikan koi mampu bertahan pada saat listrik padam?
Tergantung kepadatan ikan dan volume kolam, semakin besar kolam dan semakin jarang populasinya maka ikan koi mampu bertahan lebih lama dan sebaliknya.
Dalam kondisi normal ikan koi tdk akan mampu bertahan lebih dari 1 jam.
Faktor lain adalah keberadaan organisma yg hidup dikolam seperti Alga, jika listrik padam malam hari dan banyak alga dikolam semakin mempercepat kematian.

Bagaimana menghindari kematian koi pada saat listrik padam?
Yang harus dilakukan adalah menjamin pasokan oksigen dikolam dengan menggunakan perangkat tenaga cadangan seperti Genset. Jika tidak tersedia genset minimal harus ada mesin aerator yg digerakan dengan tenaga DC atau battery guna menjamin pasokan oksigen terpenuhi.

Apakah dengan terjaminnya supply oksigen ikan mampu bertahan?
Jika listrik padam berkepanjangan walaupun oksigen terpenuhi ikan beresiko mati karena pada saat filter tidak berfungsi kadar amonia yg bersifat racun semakin tinggi yang berasal dari sekresi ikan. Pada level ekstrim ikan akan mengalami keracunan dimana fungsi Hemoglobin pada darah ikan yang berfungsi mengangkut Oksigen dalam darah akan tergantikan menjadi Methoglibin yg tidak memiliki kemampuan mengangkut oksigen, akibatnya ikan akan mati tercekik walaupun oksigen dalam air terpenuhi.

Bagaimana mengindari dampak keracunan tersebut?
Yang dilakukan adalah menurunkan kadar amonia dikolam dengan cara mengganti 50% air kolam dengan air baru setiap 6 jam sekali.

Adakah dampak pada ikan yg bertahan hidup pasca pemadaman listrik?
Jika ikan mampu bertahan hidup setelah listrik padam dalam waktu lama maka kita harus waspada terhadap penyakit lain yang timbul akibat infeksi bakteri/parasit karena pada saat air tidak tersirkulasi , kadar oksigen rendah bakteri pathogen dan parasit akan berkembang biak secara pesat. Jadi resiko kematian ikan tetap ada pasca listrik padam.

Treatment apa yang diberikan agar resiko infeksi tersebut tidak terjadi?
Berikan antiseptik sesuai dosis yg disarankan kedalam kolam untuk memberantas bakteri pathogen/parasit dikolam.
Jika dijumpai ikan sakit sedera dikarantina untuk diberikan obat yang sesuai.

DW@koiart

 

 

 

 

 

untuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us