Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Skimmer Pada Kolam Outdoor

Skimmer adalah peralatan yang wajib ada dalam sebuah kolam outdoor yang berfungsi menyerap debu, kotoran yang melayang dipermukan atau daun-daun yang jatuh kedalam kolam.  Dengan skimmer kolam akan terlihat lebih bersih sehingga kolam menjadi enak dipandang.

Skimmer ditempatkan dipermukaan air kolam dan jumlahnya bervariasi tergantung luas kolamnya, pemilihan type skimer harus sesuai dengan sampah/kotoran yang ada, misal kolam yang banyak sampah dedaunan akan berbeda dengan skimmer yang hanya menyaring debu dan kotoran kecil.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang skimmer di kolam,

 

Penempatan Skimmer

Tergantung dari disain kolam, skimmer dapat ditempatkan dimana saja selama dapat menimbulkan aliran arus yang menarik kotoran kedalam skimmer.  Hal yang perlu dipertimbangkan adalah letak posisi skimmer harus berada dalam jangkauan kita dengan maksud untuk mempermudah pada waktu membersihkan.

Menentukan Type Skimmer

Tergantung dengan kotoran yang ada dikolam, jika kotoran banyak terdiri dari dedaunan sebaiknya dilengkapi dengan trap sehingga tidak masuk kedalam skimmer yang pada akhirnya bisa menyumbat filter kolam. Type skimmerpun harus memperhatikan ukuran dari ikan yang ada jangan sampai ada ikan yang tersedot kedalam.

Ukuran Pompa

Seperti halnya bottom drain skimmer harus memiliki kemampuan menghisap kotoran untuk itu diperlukan pompa, skimmer yang sudah didisain dari awal biasanya pipanya sudah digabung dengan pipa bottom drain sehingga menghemat jumlah pompa namun diperlukan pompa yang lebih besar.   Untuk kolam lama yang belum tersedia instalasi skimmer dapat dibasang dengan menggunakan pompa terpisah.

 

 

#koiart-2018

 

One Response to “Skimmer Pada Kolam Outdoor

  • Untuk besar pipa skimmer ukuran kolam dengan volume 15 ton brapa kira2 om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us