Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Tips Menghadapi Musim Hujan.

Memasuki musim hujan mempunyai masalah tersendiri bagi pecinta koi, biasanya sering  terjadi  banyak ikan yang sakit dan mati.  Sebenarnya apa yang sesungguhnya terjadi jterhadap KOI kita pada saat memasuki musim hujan?, berikut beberapa tips untuk memperkecil resiko dalam menghadapi musim penghujan terutama bagi pemilik kolam outdoor.

Pengaruh pergantian musim menyebabkan perbedaan temperatur yang signifikan terhadap temperatur air kolam, pada waktu siang hari di Jakarta suhu air kolam bisa mencapai 30 C namun pada malam menjelang padi hari suhu kolam bisa mencapai 25 C, walaupun ikan memiliki rentang hidup yang luas (18C-30C) namun swing temperatur ini sangat berpengaruh pada ikan dimana swing lebih dari 3C bisa mengakibatkan ikan stress.  Pada saat ikan stress maka sistem kekebalan tubuhnya akan turun sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk yang mengakibatkan ikan sakit atau mati.

Pada saat musim hujan, air hujanpun dapat merubah parameter air pada kolam outdoor terutama derajat keasaman air dimana pH akan turun karena pengaruh air hujan yang bersifat asam, tampa disadari pH turun dibawah 5 yang membuat ikan stress dan berakibat kematian juga.

Pada saat musim hujan temperatur cenderung turun atau dingin, pada kondisi ini pencernaan ikan cenderung melambat sehingga nafsu makan ikan cenderung turun, pada kondisi ini  pemberian pakan juga harus dikurangi untuk mengurangi limbah kotoran yang berasal dari pakan yang tersisa, jika tidak maka pakan akan membusuk dan berakibat naiknya kadar Amonia yang membahayakan ikan.

Seperti yang diuraikan diatas maka guna mengantisipasi musim hujan maka beberapa hal perlu kita lakukan antara lain,

  1. Memeriksa rutin parameter air terutama pH dan Suhu jika terjadi situasi dibawah standar lakukan tindakan penanggulangan segera.
  2. Gunakan makanan ikan menjadi Wheat Germ yang lambat dicerna ikan. dan kurangi porsinya.
  3. Gunakan/hidupkan lampu UV untuk mengurangi bakteri pathogen di kolam.
  4. Beri pakan yang meningkatkan kekebalan tubuh atau yang mengandung probiotik atau bisa juga membuat pakan yang dicampur vitamin C atau bawang putih.
  5. Rutin mengganti sebagian air 10%-20% setiap minggu.
  6. Rutin membersihkan filter mekanis (bukan filter biologi), biasanya kotoran meningkat dimusim hujan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us