Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Tips Membesarkan KOI

Banyak pencinta KOI yang ingin agar ikan peliharaannya menjadi besar, bulky atau jumbo, berbagai cara dicoba diantaranya memberikan makan yang mahal namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan.  Pakan bukan satu-satunya yang bisa membuat besar tubuh KOI, sebaik atau semahal apapun pakan yang kita berikan   jangan mengharap KOI menjadi jumbo jika ikan tsb  tidak memiliki bakat jumbo.

Faktor-faktor yang yang harus diperhatikan agar KOI peliharaan kita dapat tumbuh besar adalah sebagai berikut,

  1. Faktor genetik
  2. Kualitas pakan
  3. Kualitas Air
  4. Kepadatan ikan
  5. Pencahayaan

 

1  FAKTOR GENETIK

Faktor genetik memegang peran penting, jika KOI berasal dari indukan yang kurang baik maka percuma saja kita berharap dia akan tumbuh besar yang ada kita malah boros memberi pakan.  Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui asal usul indukannya, sebaiknya kita tanyakan langsung dari breedernya berapa panjang indukan betinanya karena ini yang menentukan faktor genetiknya, jika kita membeli KOI import sebaiknya membeli yang bersertifikat untuk memastikan KOI yang kita beli memiliki gen yang baik.

Ciri-ciri ikan dengan genetik yang baik dapat dilihat dau fisik ikan antara lain,

  • Badan atau Tubuh

Badan yang ideal adalah badan yang seimang tidak bengkok, tidak ada cacat bawaan bentuk tubuh proporsional.  Berikut panduan memilih bentuk KOI yang ideal

No.1 Bentuk tubuh ideal

No.2 Kepala terlalu tiris

No.3 Bentuk tubuh terlalu kurus

No.4 Kepala terlalu pendek tidak proporsional

No.5 Pot Belly

 

  • Bentuk Kepala

Bagian kepala harus terlihat seimbang antara bentuk kepala dan badan dengan bentuk mulut bulat dan pipi tembam, koi dengan bentuk kepala berujung pipih menandakan koi yang tidak berkembang dengan baik. Posisi mata harus simetris dan mata tidak menonjol keluar.

Gambar kiri adalah bentuk kepala dan posisi mata yang ideal dibanding gambar dikiri.

 

  • Bentuk Ekor
Selain bentuk tubuh, struktur pangkal ekor (OZUTSU) adalah tanda – tanda lain bagi koi yang kokoh dan berpotensi berkembang baik. Koi dengan OZUTSU yang besar dan kuat adalah menarik dan memiliki potensi tumbuh dan berkembang hingga berukuran jumbo.
Khusus pada koi Tosai dan Nisai, terdapat dua tanda lain yang dapat digunakan untuk memprediksi potensi pertumbuhannya. Bagian kepala dan punggung yang secara proporsional lebih besar dibandingkan badannya dan struktur pangkal ekor yang besar dan kokoh adalah tanda – tanda signifikan bagi koi yang berpotensi berukuran jumbo.
Gambar kiri adalah bentuk ekor yang baik dibanding pada gambar kiri.

2. KUALITAS PAKAN

Banyak pakan yang beredar dipasaran mulai yang murah sampai yang harganya selangit, untuk memperbesar KOI pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein diatas 40% dan kandungan lemak minimum 5% , biasanya para produsen sudah memberikan tanda dikemasannya formula pakan untuk pertumbuhan (Growth Formula).  Pakan impor belum tentu lebih baik dari pakan lokal, sebaiknya lihat kandungan didalamnya.

Pemberian pakan harus diperhatikan setiap hari KOI memerlukan pakan sekitar 2% dari berat tubuhnya, frekwensi pemberian pakan juga harus diperhatikan lebih baik sesering mungkin dengan jumlah sedikit dibanding sekali waktu dengan jumlah yang banyak, namun harus diperhatikan sistem pencernaan ikan memerlukan waktu menyerap pakan dengan sehingga pemberian pakan sebaiknya tidak kurang dari 2 jam disetiap intervalnya. Untuk mempercepat pertumbuhan pemberian pakan 5 kali sehari sangat disarankan.

 

3. KUALITAS AIR

Kualitas air memiliki peran sangat penting dalam upaya membesarkan KOI anda, guakan parameter-parameter air ideal agar KOI dapat tumbuh dengan baik , Lakukan pengujian kualitas air secara reguler. Biarkan lumut tumbuh terkendali tidak terlalu tebal karena lumut merupakan pakan alami yang baik untuk pertumbuhan KOI.  Jangan terlalu sering menggunakan obat atau garam kedalam air karena ini bisa menghambat pertumbuhan KOI,

Untuk mendapatkan kualitas air yang baik untuk pertumbuhan KOI agar diperhatkan hal-hal berikut ini,

  1. Sistem Filtrasi kolam yang memadai.
  2. Supply oksigen yang melimpah gunakan airpump jika diperlukan
  3. Sirkulasi air (water turn over rate) kolam yang cepat
  4. Penggantian air kolam secara reguler
  5. Suhu dijaga diantara 25C- 29C

Nitrat (NO3) yang merupakan hasil akhir dari siklus nitrifikasi walaupun tidak berbahaya  buat ikan namun dapat menghambat pertumbuhan ikan, sering lakukan kontrol  untuk kandungan nitrat disarankan dibawah 20 ppm untuk pembesaran KOI.

 

4. KEPADATAN IKAN

Kepadatan ikan menjadi penentu pertumbuhan fisik ikan, kolam yang terlalu padat akan menghambat pertumbuhan ikan karena KOI akan sulit bergerak bebas disamping itu jika terlalu padat maka konsumsi pakan tidak merata sehingga ada KOI yang berkembang baik namun adapula yang tidak berkembang.

 

5. PENCAHAYAAN

Pencahayaan tidak kalah penting dalam mendukung pertumbuhan KOI, jika letak kolam ada diluar ruangan usahakan kolam dapat menerima paparan sinar matahari langsung 2-4 jam sehari, jangan pula berlebihan karena dapat mengakibatkan memudarnya warna KOI peliharaan kita.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us