Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Menentukan Jenis Kelamin KOI Secara Visual

Pada waktu kita membeli KOI sering kita dihadapkan dengan dengan kebingungan menentukan jenis kelamin KOI yang akan kita beli. Cara yang paling akurat adalah melihat organ reproduksinya namun dalam beberapa kejadian penjual kurang begitu suka jika ikannya dibolak balik untuk mengetahui organ reproduksinya,

Berikut cara praktis membedakan jenis kelamin secara visual, dibutuhkan excercise berulangkali untuk menjadikan anda mahir,

 

Bentuk Tubuh

KOI Jantan memiliki bentuk memanjang dan lingkar badan lebih kurus dibandingkan jenis betina yang cenderung mempunyai bentuk tubuh gemuk dan pendek.  Dalam beberapa even jenis KOI betina sering memenangkan kontes karena bentuk tubuhnya lebih mendekati standar penilaian.

Sirip

Bagian ini yang paling sering diperhatikan orang untuk menentukan jenis kelamin, KOI Jantan mempunyai bentuk sirip yang ujungnya berbentuk segitiga sedang betina memiliki ujungnya bulat membentuk kipas.  Sirip jantan lebih kekar dan tebal sedang betina terlihat tipis dibagian ujungnya.

Pipi

Bagian pipi tidak luput sering jadi perhatian, dimana pipi Jantan terlihat kasar dibanding betina dan akan lebih terasa lagi disentuh.

 

Walaupun sederhana cara ini cukup effektif untuk membedakan, namun cara ini membutuhkan excercise agar kita lebih akurat.  Disamping itu cara ini tidak efektif untuk KOI yang masih kecil (Tosai).

Selamat mencoba

 

#koiart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us