Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

MBBR Solusi Jitu Filtrasi Di Lahan Sempit

Mungkin sebagian besar pecinta KOI pernah mengalami kesulitan dalam membangun filter karena keterbatasan lahan sebab idealnya filter harus memiliki volume minimal 30%-40% dari volume kolam agar filter dapat bekerja dengan baik, Saat ini tersedia sistem filter biologi yang 3 kali lebih effektif dari kolam biologi konvensional yaitu sistem MBBR- (Moving Bed Biological Reactor), sebuah proses yang lebih simpel, reliable, dan tidak membutuhkan ruang yang banyak jika dibandingkan dengan water treatment konvensional.        Dengan sistem filtrasi ini diklaim volume chamber filter yang harus disediakan cukup 10% saja.

Sistem MBBR ini secara fungsinya tergolong sebagai filter biologi yang diadopsi dari sistem pengolahan limbah yang populer digunakan pada instalasi Water Threathment Plant (WTP), untuk keperluan threatment pada kolam Koi kita cukup membuat dalam sekala kecil seukuran chamber filter pada umumnya.   Fungsi MBBR ini adalah  menjalankan proses nitrifikasi dan denitrifikasi atau degan kata lain mengurai Amonia yang sangat berbahaya bagi ikan menjadi nitrit selanjutnya diurai lagi menjadi nitrat yang tidak berbahaya lagi bagi ikan.  Filter ini menggunakan media bio partikel sebagai rumah bakteri, salah satu produk yang sudah banyak dikenal adalah Kaldnes.  Prinsip kerja filter ini adalah memamfaatkan gesekan acak antar bio partikel dimana semakin sering terjadi gesekan semakin efektif kerja filter tersebut.  Gerakan antar media ini digerakan dengan menggunakan arus yang ditimbulkan oleh sistem aerasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga media teraduk sedemikian rupa.  Oleh karea filter ini adalah filter biologi maka harus dijaga kondisi filter harus tetap hidup terutama sistem aerasinya guna menjaga bakteri tetap hidup.

Disamping efektifitas lahan sistem ini juga dapat menghemat bahkan meniadakan  penggunaan media biologi lain seperti bio ball, bio ring dan lainnya sehingga space filter lebih dapat dihemat lagi.

Karena media Kaldnes adalah media  yang sering digunakan dalam sistem pengolah limbah komersial maka harganya relatif lebih mahal dibanding media biologi lain  yang biasa digunakan di kolam koi.  Selain praktis sistem  inipun ini memiliki konsep maintenence free alias tampa perawatan  karena media ini mampu membersihkan dirinya sendiri dan regenerasi bakteri atau penggantian bakteri tua dengan bakteri muda berjalan secara kontinyu. .

 

Berbagai jenis Media yang ada di pasaran

 

 

Diagram proses kerja MBBR

CARA MEMBUAT DAN MENEMPATAN CHAMBER MBBR

Chamber MBBR sebaiknya diletakan di chamber paling depan atau bagi yang sudah memiliki eksisiting chamber bisa diletakan di bagian kolam endap sebelum masuk ke chamber filter mekanis.  Sebaiknya chamber harus memiliki lubang drain yang memadai karena kotoran/sludge yang dihasilkan oleh cukup banyak.

Untuk memfungsikan chamber menjadi moving bed reactor kita cukup mumbuat instalasi pipa untuk aerasi, dapat digunakan pipa PVC ukuran 1/2″ yang dirangkai sedemikian rupa mengikuti bentuk dasar chamber.  Posisi pipa aerasi sebaiknya 10 cm dari dasar untuk memberi space endapan/sludge.   Isi media MBBR yang bisa kita dapatkan dipasaranan misal merk Kaldnes type K1 kedalam chamber dengan volume minimal 50% dari volume chamber dan maksimal 80% dari volume chamber.  Secara empiris kita bisa menghitung kebutuhan media dengan pendekatan 100 ltr media untuk porsi 1 kg pakan perhari tinggal kita mengkonversiya saja untuk kebutuhan yang diinginkan.  Tekanan pompa aerator harus cukup untuk membuat arus udara untuk mengaduk media disamping untuk mempertahankan DO dikisaran 2,5 – 3 ppm dengan tujuan  menghilangkan BOD.

Sistem ini bisa dibilang sangat handal untuk menangani proses nitrifikasi/denitrifikasi yang merupakan proses terpenting dikolam koi, namun sayangnya harga media yang dijual dipasaran masih relatif cukup mahal, mungkin hal ini yang membuat para pecinta KOI kurang berminat menggunakannya dan lebih memilih menggunakan bioball yang harganya lebih murah.

 

DW – (KOI-Art)

One Response to “MBBR Solusi Jitu Filtrasi Di Lahan Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us