Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Parameter Air Ideal Kolam KOI

Sudah tidak diragukan lagi bagi penggemar KOI bahwa kualitas air adalah yang paling penting sebagai penunjang hidup KOI.  Sering pemilik KOI dibingungkan ketika tiba-tiba mati secara berturutan padahal air pada kondisi jernih sebagai kambing hitam biasanya penyakit dijadikan alasan sebab kematiannya.

Secara visual kualitas air kolam tidak hanya dapat dilihat dari warna atau kekeruhannya tetapi dapat kita lihat juga dari perilaku KOI, jika ikan selalu ada dipermukaan, atau diam/malas bergerak didasar kolam atau kadang berkumpul dipancuran air itu menunjukan bahwa kualitas air jelek, air yang baik ditandai dengan ikan yang bebas bergerak kesana kemari didasar kolam.   Tanda-tanda visual lain yang umum kita jumpai adalah turunnya nafsu makan KOI padahal ikan sedang lapar, untuk hal ini segera lakukan tindakan perbaikan.   Jika tanda visual muncul tindakan yang kita ambil adalah mengganti 10% – 30% air untuk diganti dengan air baru, jika kondisinya parah dapat diganti sampai 50%.

Kualitas air kolam dapat diukur dari parameter-parameter yang mendukung hidup KOI, berikut adalah parameter terpenting yang minimal harus dipenuhi

 

Derajat Keasaman (pH)

pH (Power Hidrogen) adalah parameter untuk menunjukkan derajat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan yang diukur dalam skala antara 0 (sangat asam) sampai dengan 14 (sangat basa).

PH adalah parameter terpenting walaupun KOI dapat hidup di rentang PH yang lebar 6 – 9 , ukuran ideal untuk kolam KOI adalah 6,6 – 7,5, disarankan PH dibuat dibawah 8 karena jika air semakin basa maka Amonium yaitu zat yang terbentuk dari kotoran ikan akan berubah menjadi amonia yang bersifat racun.

Gunakan pH meter digital atau kertas lakmus secara periodik untuk memonitor nilai pH kolam kita, gunakan produk pH Up atau pH Down untuk menaikan atau menurunkan PH sesuai dengan yang dikehendaki.

 

Amonium dan Amonia

Amonium (NH4) merupakan hasil selkresi dari ikan yang dapat berubah menjadi Amonia (NH3) yang bersifat racun akibat nilai PH diatas 7, semakin tinggi PH semakin tinggi resikonya.

Nilai amonia yang ideal adalah 0 – 0,02 ppm. konsentrasi diatas 0,1 ppm akan mengakibatkan kerusakan pada KOI dalam jangka panjang dan nilai amonia diatas 5 ppm mengakibatkan kematian mendadak pada ikan.

Lakukan pengukuran kadar Amonia secara periodik dan jangan memberi pakan berlebihan tampa memperhitungkan kapasitas biofilter.  Secara periodik ganti air kolam sebagian hal ini akan mengurangi kadar amonia dan turunannya dikolam.

 

Nitrit.

Nitrit (NO2) merupakan hasil penguraian Amonia (NH3) oleh bakteri Nitrosomonas.   Nitrit sangat bahaya untuk ikan sehingga disarankan kandungan Nitrit (NO2) tidak ada dalam air kolam, walaupun KOI masih dapat hidup direntang 0 – 0,2 ppm.  Kadar nitrit berlebih dapat merusak sistem syaraf, hati, limpa, dan ginjal koi.

 

Nitrat

Nitrat (NO3), adalah senyawa kimia hasil penguraian Nitrit oleh bakteri Nitrobacter yang tidak terlalu berbahaya bagi koi jika dibandingkan dengan Ammonia atau Nitrit.

Pada sebuah kolam yang telah matang (mature) dengan perawatan rutin termasuk penggantian air kolam maksimum 30 % setiap 2 atau 4 minggu.   Kandungan Nitrat yang ideal dikolam adalah sekitar 50 – 100 ppm. Konsentrasi Nitrate sampai dengan ambang 200 ppm masih dapat diterima hanya warna air terlihat kehijauan tidak sedap dipandang karena banyaknya algae dikolam.   Beberapa sumber mengatakan bahwa kandungan nitrat berlebih dalam jangka panjang akan menghambat pertumbuhan KOI sehingga kadarnya tetap harus dijaga dengan mengganti sebagian air atau menaruh tanaman air yang dapat menyerap nitrat.

 

PARAMETER AIR KOLAM KOI,

URAIAN UNIT RENTANG HIDUP REKOMENDASI
Suhu C 18 – 31 20 – 26
pH 6 – 9 6,5 – 7,5
Amonia ppm 0 – 0,1 0 – 0,02
Nitrit ppm 0 – 0,2 0
Nitrat ppm 0 – 200 50 -100
DO ppm 4 – 12 > 6
TDS ppm 0 – 500 50 – 180
GH dH 4 – 28 8 -12
Alkali ppm 120 – 180
Salinitas ppm  <1

 

 


Created: 17/05/2018 –  Updated: 17/11/2018
Copyrights (C) KOI Art 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us