Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Filter Mekanis.

Filter mekanis adalah bagian filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran padat mulai dari ukuran besar sampai halus.  Prinsip kerja dari filter ini adalah melewatkan air kolam melalui saringan sehingga kotoran tersaring dan hanya air saja yang lewat dari saringan ini. Pemilihan filter yang baik untuk jenis ini adalah jenis filter yang mudah perawatannya dalam arti kata minimal periode pembersihannya karena filter ini cepat kotor mengingat tugasnya menyaring hampir 95% pakan ikan yang berubah menjadi kotoran.

Banyak jenis filter mekanis yang diaplikasikan dikolam saat ini dengan berbagai media diantaranya,

 

Brush (Sikat)

Sikat umum digunakan oleh banyak orang untuk digunakan sebagai filter mekanis dengan cara disusun sedemikian rupa didalam chamber, bagian sikat akan menangkap kotoran yang ada dalam air. Sikat sangat mudah dibersihkan namun memiliki kekurangan tidak dapat menyaring kotoran halus, biasanya penggunaan sikat sebagai filter mekanis dikombinasikan dengan filter mat. Karena sifatnya menyaring kotoran kasar maka sebaiknya filter ini ditaruh dibagian paling depan atau tempat pertama air kolam masuk ke filter.

   

 

Filter Mat

Filter mekanis yang menggunakan mat / japmat sebagai media yang disusun sedemikian rupa mulai dari kerapatan yang renggang sampai kerapatan tinggi.  Karena sifatnya menyaring kotoran maka kotoran akan tertinggal didalam mat sehingga kita harus rajin membersihkan.

 

Rotary Drum Filter (RDF)

Rotary Drum Filter (RDF) adalah perangkat filter mekanis yang sangat canggih saat ini menyaring kotoran sampai partikel halus tampa harus membersihkan lumpur sisa penyaringan. Prinsip kerjanya air bertekanan isemprotkan ke screen yang berbentuk drum yang berputar sehingga air akan lewat screen sedang kotoran tertahan dipermukaan screen, sebuah pisau mengikis kotoran yang tertahan untuk selanjutnya dibuang keluar filter.  Filter ini adalah filter fabrikan kita tinggal pakai, namun sayangnya harga masih relatif mahal.

 

Sand Filter

Sand filter adalah filter yang menggunakan media pasir sebagai penyaringnya, semakin halus butiran pasir semakin jernih air yang dihasilkan.   Karena kualitas penyaringannya cukup halus biasanya filter ini diletakan dibagian akhir dari chamber filter sebelum masuk kekolam.  Pemeliharaan dari filter ini adalah dengan metode backwash .

 

#koiart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us