Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Aplikasi Ozone Untuk Kolam KOI

Mungkin diantara pecinta KOI banyak yang belum mengetahui mamfaat Ozon (O3) untuk meningkatkan kualitas air atau bisa jadi masih banyak yang takut untuk memamfaatkannya.  Dalam artikel ini penulis ingin sharing dan berbagi pengalaman dalam memamfaatkan Ozon berdasarkan hasil pengamatan sendiri, mudah-mudahan dapat bermamfaat bagi pecinta KOI yang lain.

Seperti kita ketahui bersama Ozon dihabitat aslinya terbentuk akibat lompatan listrik (petir) atau induksi elekromaknetik yang menghasilkan Ozon dilapisan atmosfir bumi yang sangat bermamfaat untuk menyaring sinar UV yang melindungi bumi dari paparan sinar matahari yang mematikan, namun dialam bebas Ozon tidak stabil dalam waktu lama inilah celah yang dimamfaatkan untuk penggunaan lain seperti sterilasi air minum kemasan, desinfektan dan lain-lain.    Ozon dapat dibentuk dengan menggunakan Ozon generator yang saat ini sudah banyak dijual bebas dipasaran.  Ozone yang dihasilkan berujud gas dengan bau menyengat dan berwarna kebiruan, sehingga kita dapat dengan mudah mengenali kolam KOI yang menggunakan treathment Ozon dikolamnya, yaitu dengan memperhatikan adanya tabir surya berwarna kebiruan dipermukaannya.

Mamfaat threathment Ozon untuk kolam utamanya bukanlah untuk menjernihkan air secara langsung melainkan menghilangkan beberapa faktor merugikan yang ada dikolam karena sifat unik dari Ozone itu sendiri antara lain.

  1.  Sifat Desinfectan
    • Karena Ozon merupakan oksidator aktif maka ketika Ozon terlarut dalam air dia kan mengoksidasi bakteri yang ada dikolam sehinga kolam  menjadi seteril sehingga penyakit ikan akibat bakteri pathogen seperti aeromonas, sisik merah dan lain lain bisa diturunkan,  Hasil pengamatan selama pemakaian ozon ikan terlihat lebih bersih tubuhnya, jarang sekali  flashing dan tidak terserang penyakit.  Keuntungan lainnya kandungan DO (Disolved Oxigen) naik karena setelah proses oksidasi akan dihasilkan oksigen yang baik untuk ikan.
  2. Sifat Oksidator
    • Ozon akan mengoksidasi dan menghilangkan logam berat dan senyawa yang membahayakan ikan seperti besi, Mangan, Arsen dan Nitrit.   Walaupun belum dilakukan uji sampel air langsung namun secara teori ini sangat baik untuk peningkatan kualitas air.  Disamping menghilangkan logam, Ozon juga membantu proses dekomposisi dari kotoran ikan sehingga suspensi akibat butiran kotoran ikan akan tenggelam kedasar kolam yang berdampak air terlihat lebih jernih.
  3. Sifat Odour
    • Ozon bersifat menyerap bau yang tidak sedap ini sangat baik untuk menjadikan kolam higienis dan tidak berbau amis seperti  kolam ikan pada umumnya.

Walaupun Ozon memiliki sifat yang menguntungkan namun dalam dosis berlebih gas ini sangat berbahaya untuk manusia , dosis berlebih pemakaian Ozon dikolam akan mengakibatkan penurunan kinerja filter biologis karena banyak bakteri positif yang mati dan yang paling fatal adalah kulit Ikan KOI dapat terbakar karena proses oksidasi berlebihan.  Diperlukan teknik tersendiri dan kehati-hatian untuk mengaplikasikan Ozon untuk kolam,

Peralatan yang diperlukan untuk aplikasi Ozon di kolam

  1. Ozon Generator, tersedia pilihan model yang ada dipasaran ada yang sudah siap pakai (biasanya harganya relatif mahal), ada juga yang terjual masih terurai kita harus merakit terlebih dahulu (harga jauh lebih murah).
  2. Timer
  3. Selang aerasi
  4. Batu aerator (airstone)
  5. Redox meter

Schematic Diagram dan Ozon Generator Rakitan

 

Cara instalasi sistem Ozon tidaklah terlalu rumit namun perlu kecermatan dalam meletakan titik outletnya, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini,

  1. Pasang Ozon generator yang sesuai dengan ukuran kolam, kapasitas Ozon Generatur biasanya ditulis dengan satuan miligram/jam. Sebagai patokan sederhana berdasarkan beberapa kali percobaan dosis 100 mg/jam untuk setiap 1 m3 air sudah sangat mencukupi, jika generator yang dipasang berukuran besar maka anda dapat menambahkan timer supaya dapat diatur waktu operasinya.   Sebagai contoh perhitungan adalah sebagai berikut,
    •  Ukuran Kolam 10 ton (10 m3)
    • Kapasitas Ozon Generator 5 grm/jam (5000 mg/jam)
    • Kebutuhan Ozone untuk kolam = 10×100 mg/jam= 1000 mg/jam
    • Kapasitas Generator= 5000 mg/jam
    • Jadi Generator dihidupkan setiap 5000/1000 = 5 jam sekali selama 1 jam (digunakan timer untuk mengatur nya gunakan Redoxmeter untuk memastikan).
  2. Alirkan ozon menggunakan slang aerasi dan airstone, PERHATIAN ozon sebaiknya dimasukan ke chamber pertama dari filter dan harus diperhatikan jarak tempuh air dari chamber tersebut minimal 20 detik ke chamber biologi. Jika chamber pertama berdekatan jaraknya dengan chamber biologi sebaiknya Ozon dimasukan kedalam kolam langsung tepat dibawah terjunan/outlet filter.  Hal ini dimaksudkan agar tidak merusak chamber biologi yang ada.
  3. Nyalakan Ozon Generator dan lakukan pemantauan dihari pertama pemakaian Ozon ini, dalam proses pemantauan perhatikan hal-hal sebagai berikut,
    • Gunakan alat ukur Redox meter jika angka menunjukan  400mv hentikan catat waktu hidupnya dan ulangi lagi sampai kita dapatkan waktu rata-rata yang akurat lalu set timer dgn waktu itu. Disarankan pertahankan angka redox di 300-400 mV
    • Beberapa saat setelah pemakaian ozon air kolam akan berubah sedikit lebih kental/pekat hal ini adalah wajar, air akan kembali normal beberapa hari kemudian.
    • Permukaan air akan berubah warnanya sedikit kebiruan namun jika warnanya terlalu biru tua gunakan Redoxmeter jika melebihi 400mv kurangi dosis Ozon  dengan mengatur mengurangi waktu hidup Ozone generator.
    • Pada awal pemakaian Ozon ikan akan sering flashing, namun jangan kuatir ini adalah proses yang wajar karena pengaruh proses oksidasi bakteri yang menempel pada tubuh ikan dalam beberapa waktu ikan akan kembali normal.  Jika setelah sekian lama ikan tidak berhenti flashing kurangi dosis Ozon dengan mengatur timer.

Selamat mencoba….

 

#koiart

 

WARNING !

Dalam dosis berlebih Ozon berbahaya untuk ikan dan lingkungannya, diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk metode aplikasi dikolam KOI

One Response to “Aplikasi Ozone Untuk Kolam KOI

  • Kebetulan sy memelihara ikan discus dirumah,pemula..dgn kapasitas aquarium 4 ton,menggunakan pasir dan tanaman serta acc lainnya
    Dgn tetap mengutamakan steril air yg maksimal khususnya utk ikan discus yg rentan berpenyakit,menggunakan uvc tp susah mengontrol kualitasnya,kepikirian soal ozone generator..salah satu alat sterilisasi air..membunuh virus dan bakteri juga..searching di google..eh ternyata udh ada yg mengulas,ulasan yg sangat menarik dan sangat membantu..membuat sy tertarik utk merakit ozone generator 5gr dan membeli orp meter utk mengontrolnya..terimakasih banyak atas berbagi ilmu dan pengalamannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us