Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Membeli KOI Untuk Pertama Kali

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali memelihara KOI tentu membeli ikan baru menjadi persoalan tersendiri sebab belum banyak pengetahuan atau wawasan yang didapat mengenai kualitas ikan yang baik.

Jika kita mulai tertarik memelihara KOI dan berencana untuk membelinya maka beberapa tips dibawah ini bisa membantu kita agar tidak salah memilih KOI pertama kita.  Sebelum kita membeli pastikan kolam dan filter sudah siap untuk menerima ikan pertama kita.

Tips membeli KOI,

  1. Ajak teman atau kerabat anda yang sudah berpengalaman untuk menemani anda membeli KOI agar memberikan masukan yang berguna supaya anda tidak keliru memilih jenis KOI karena banyak ikan mirip KOI dijual dipasar seperti ikan mas atau ikan Komed, bagi anda yang belum memiliki pengetahuan cukup mengenai KOI maka akan sulit untuk membedakannya.
  2. Belilah KOI di toko/dealer/breeder yang terpercaya, anda dapat mengetahuinya dari fasilitas yang digunakan untuk menampung KOI yang dijual apakah memadai atau tidak, kebersihannya dan ramainya pengunjung.  Kita dapat juga menggunakan cara mencari info dari kalangan pehobi dan meminta rekomendasi mereka apakah toko/dealer KOI ini adalah baik atau tidak, dan jangan segan-segan mengajak mereka menemani anda.
  3. Pilih KOI yang sehat, didini anda dapat melihat dari gerakannya yang lincah, tidak sering menggosokan badannya di dinding atau dasar kolam, tidak tampak jamur atau luka ditubuhnya, warna yang cerah karena KOI yang sakit akan menunjukan warna yang suram.
  4. Pilih KOI yang memiliki kualitas baik dengan ciri-ciri
    • Memiliki bentuk badan proporsional antara kepala, badan dan ekor
    • Bentuk badan simetris tidak bengkok dan tidak ada cacat.
    • Ikan tidak kurus dengan bahu lebar dan sirip kekar.
    • Patern warna simetris dengan warna cerah dan tegas antara satu warna dengan warna lainnya
    • Pilih jenis kelamin betina/Female karena jenis ini nantinya akan memiliki bentuk badan lebih besar (bulky) dibanding dengan jenis jantan/Male.
    • Perhatikan ciri-ciri atau tanda KOI tersebut memiliki genetik yang baik nantinya (untuk hal ini kadang  dibutuhkan saran dari orang yang berpengalaman).
  5. Jangan terpaku harga yang murah karena dalam dunia KOI dikenal istilah “ada harga ada rupa”, jadi jangan pula kita takut membeli harga lebih mahal jika ikan tersebut memiliki kualitas yang baik.
  6. Jangan membeli KOI masih terlalu kecil, belilah KOI dengan ukuran diatas 12 cm, karena ikan yang terlalu kecil lebih sulit perawatannya.
  7. Hindari membeli KOI yang sakit, perhatikan fisik ikan tidak ada luka atau jamur, ikan yang sakit cenderung malas bergerak, sehingga pilih ikan yang aktif.
  8. Jangan membeli terlalu banyak pada saat pertama, apabila tidak ada masalah dikemudian hari barulah kita membeli lagi.

 

 


Created: 16/05/2018 –  Updated: 17/11/2018
Copyrights (C) KOI Art 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us