Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Kolam Untuk Memelihara KOI

Untuk memelihara ikan kesayangannya para pecinta KOI membutuhkan kolam yang memenuhi syarat untuk hidup KOI, ada berbagai jenis kolam yang umum digunakan mulai dari kolam sederhana sampai kolam yang canggih yang menelan biaya cukup tinggi.    Apapun jenis kolam yang kita miliki harus mampu memenuhi persyaratan hidup KOI yaitu menyediakan parameter air yang baik setiap saat agar ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta bebas dari ancaman penyakit yang mematikan.  Umumnya kolam untuk memelihara KOI ditunjang oleh sistem filtrasi yang baik untuk menjadikan kolam sebagai ekosistem buatan yang menyerupai habitat asli KOI.

Berdasarkan letaknya kolam dibagi menjadi,

  1. Kolam Outdoor
    • Yaitu kolam yang berada ditempat terbuka dan mendapat pancaran sinar matahari langsung, kolam ini adalah kolam terbaik untuk memelihara KOI dimana KOI akan dapat tumbuh besar dan memiliki warna yang cerah.
  2. Kolam Indoor
    • Yaitu kolam yang berada dalam bangunan, disini cahaya yang masuk kekolam adalah sinar matahari tidak langsung atau sinar dari lampu.  Kolam indoor indoor sedikit sekali terpengaruh efek cuaca sehingga parameter luar lebih terjaga.
  3. Akuarium
    • Yaitu tempat yang terbuat dari kaca dimana kita dapat melihat keindahan KOI dari samping.  Akuarium memiliki keterbatasan ukuran sehingga hanya ikan-ikan kecil yang bisa dipelihara ditempat ini.

Berdasarkan material pembentuknya kolam dibagi menjadi,

  1. Kolam Tanah
    • Yaitu kolam yang dibangun diatasn tanah langsung seperti empang atau kolam sawah, pada umumnya ukuran kolam relatif besar dan memiliki ekosistem terbuka yang memungkinkan ikan akan tumbuh optimal.  Para breeder/peternak KOI menggunakan jenis kolam ini sebagai kolam pembesaran, sayangnya kolam ini hanya bisa dibangun dilokasi yang memiliki muka air tanah tinggi atau sumber air yang melimpah.
  2. Kolam Batu/Beton
    • Yaitu kolam yang terbuat dari pasangan batu bata diplaster atau dari cor beton bertulang.
  3. Kolam Fiberglass
    • Yaitu kolam/bak yang terbuat dari fiberglass, kolam ini memiliki ukuran yang terbatas.
  4. Kolam Terpal
    •  Yaitu kolam yang terbuat atau dilapis bahan terpal yang kedap air

Pada umumnya kolam KOI merupakan ekosistem tertutup sehingga diperlukan filter untuk menyaring dan mengurai kotoran yang dapat bersifat racun yang membahayakan kelangsungan hidup KOI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us