Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Tindakan Yang Diperlukan Jika KOI Sakit

Ikan KOI adalah hewan peliharaan yang tidak lepas dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh buruknya lingkungan hidup atau dapat pula disebabkan oleh penurunan kekebalan ikan itu sendiri.    Ketelitian dan kesabaran kita sangat dituntut didalam menjalankan hobi ini.

Bila suatu saat kita menjumpai tanda-tanda fisik atau perilaku ikan kita sedang sakit maka kita harus sesegera mungkin melakukan tindakan untuk mengobati dan mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut yang berakibat kepada kematian  semua ikan dikolam.

Berikut adalah tindakan yang harus kita ambil  guna mengantisipasinya,

 

Pindahkan KOI ke bak Karantina

Rawat KOI didalam bak kecil (bak karantina) selama ikan sakit agar kita dapat dengan mudah mengawasi perkembangannya selama ikan sakit, dimasa pengobatan dan masa penyembuhannya.   Bak karantina harus dilengkapi dengan sistem filtrasi mekanis, aerasi yang memadai dan pemanas (heater) disamping itu dilengkapi juga sarana penggantian air regular guna menjamin lingkungan yang optimum untuk KOI selama penyembuhan.   Jangan menggunakan bak karantina yang terlalu sempit yang pada akhirnya dapat menyebabkan ikan stress dan mati.   Gunakan bak karantina dengan ukuran minimal 200 liter dan tidak diisi ikan berlebihan.

 

Tambah Garam Ikan kedalam air

Tambahkan garam ikan sebanyak 1 kg garam ikan (garam tampa yodium) untuk  1000 liter air dengan maksimum 2kg per 1000 liter air, hal ini ditujukan untuk merangsang  lendir  dipermukaan tubuh ikan  dan meningkatkan sistem osmoregulatory dari ikan.   Sistem Osmoregulatory adalah sistem yang mengontrol berapa banyak air yang diserap oleh tubuh ikan.  Jika karena suatu hal misalnya pengobatan dilakukan dikolam langsung karena hampir semua KOI terjangkit penyakit maka semua tanaman yang berada didalam kolam harus dipindahkan terlebih dahulu karena garam dapat mematikan tumbuhan.

 

Obati KOI dengan obat yang sesuai dengan penyakitnya

Obati ikan dengan obat yang sesuai dengan penyakitnya dengan dosis sesuai dengan petunjuknya yang tertera pada kemasannya, kesalahan dosis bisa berakibat ikan menjadi kebal (imun).  Bagi para pemula tidak disarankan melakukan treatment pengobatan sendiri, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter hewan atau orang yang sudah berpengalaman.   Yang perlu diingat jangan sekali-sekali memberikan obat tampa mengetahui dahulu penyakitnya karena hal ini dapat memperburuk kondisi ikan.

 

Jaga temperatur air tetap hangat.

Temperatur didalam bak harus dijaga tetap hangat sekitar 27°C – 30°C, air yang hangat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Koi.    Gunakan pemanas (heater) untuk menjaga suhu air tetap hangat jika diperlukan, namun harus diperhatikan pula jenis penyebab penyakitnya kadang temperatur yang hangat malah membuat jamur semakin sulit untuk dibasmi.

 

Jangan memindahkan KOI ke kolam sebelum sembuh

Memindahkan KOI yang belum sembuh betul kedalam kolam adalah tidakan ceroboh sebab ikan selama di bak karantina kondisinya optimum dengan sedikit bakteri penyakit dibanding didalam kolam yang jumlah bakterinya lebih banyak sehingga berpotensi terserang penyakit baru lainnya karena kekebalan tubuhnya belum baik betul.   Ciri-ciri KOI sudah sembuh terlihat pada tampilan tubuhnya kembali bersih, luka-luka menghilang dan gerakannya kembali lincah dan ditandai pula dengan peningkatan nafsu makannya.

 


Created: 11 /05/2018 –  Updated: 21/09/2018
Copyrights (C) KOI Art 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us