Jl. Sutera Tiara 3 No.20, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
08111009933 - 081959009933

Mengenal Penyakit KOI dan Penyebabnya

Bagi para pecinta KOI yang berpengalaman mudah untuk mengenali apakah ikan peliharaannya terserang penyakit atau tidak namun bagi para pemula atau orang awam akan sangat sulit mengenalinya sehingga kadang pengobatannya terlambat yang pada akhirnya berujung pada kematian ikan kesayangannya.   Penanganan dini ketika kita menjumpai KOI yang sakit memperbesar peluang ikan bisa diselamatkan dan penularan kepada KOI yang sehat dapat dihindari.

KOI yang terserang penyakit biasanya memberi tanda-tanda atau perilaku aneh, segera lakukan tindakan pencegahan jika menjumpai satu atau lebih gejala dibawah ini guna menghindari dampak yang lebih buruk lagi.

Tanda-tanda KOI terserang penyakit,

  1. Ikan memisahkan diri dari kelompoknya
  2. Perubahan sekujur tubuh dan muncul luka
  3. Produksi lendir berlebihan
  4. Sering menggosokan badan ke dinding dan dasar kolam
  5. Kesulitan bernafas
  6. Mata menjadi cekung atau membesar
  7. Tidak nafsu makan
  8. Diam didasar kolam dengan sirip tertutup
  9. Sering lompat ke permukaan
  10. Badan atau perut membesar
  11. Membuat gerakan tidak beraturan

 

Sebagian besar penyakit pada KOI berasal dari kualitas air yang buruk yang mengakibatkan KOI mengalami stress sehingga sistem kekebalan tubuhnya menurun, disisi lain kualitas air yang buruk merupakan tempat sumber penyakit tumbuh dengan baik.

Dari sumber penyebabnya penyakit KOI dapat dikategorikan sebagai berikut,

  • Protozoa
    • Myxobulus, Chilodonela, Trichodina
  • Jamur
    • Ichthyophthirlus multifilis (Ich/white spot)
    • Branchiomyces sp
  • Bakteri
    •  Aeromonas
    • Pseudomonas
    • Flexybaxter Colummnaris
  • Virus
    • Koi Herpes Virus (KHV)
    • Spring Viremia of Carp (SVC)

 

Dari sifatnya penyakit koi dapat digolongkan sebagai berikut,

  • Penyakit akibat Parasit
    • Yaitu penyakit yang diakibatkan oleh organisma (protozoa, bakteri atau jamur) yang menempel pada bagian tubuh ikan untuk menyerap cairan dari tubuh inangnya sehingga lama kelamaan ikan akan mati akibat kekurangan cairan/gizi atau bisa karena infeksi yang ditimbulkan.  Ada dua jenis golongan parasit yaitu endoparasit (diam didalam tubuh) dan ektoarasit (diam diluar tubuh)
  • Penyakit Non Parasit
    • Yaitu penyakit yang menyerang tubuh ikan langsung yang mengakibatkan infeksi atau kegagalan organ tubuh yang dapat mengakibatkan kematian ikan

 

Penyakit Umum  Pada KOI

White Spot

Penyakit ini paling sering dijumpai pada KOI yang disebabkan oleh jamur jenis Ichthyophthirlus multifilis berupa munculnya bintik-bintik putih dipermukaan tubuh, walaupun tidak berbahaya jamur ini dapat menular kepada ikan yang lain.  Jamur ini timbul karena parameter air yang buruk dan tidak higienis yang bersumber pada menumpuknya kotoran pada chamber filter, menjaga kebersihan kolam adalah kunci utama pencegahan penyakit ini.

Kutu Bulat

Penyakit ini disebabkan oleh parasit kutu jenis Argulus yang menempel dipermukaan tubuh ikan, pada kondisi yang cukup parah menyebabkan ikan sering menggosokan badan (flashing) didasar atau dinding kolam bahkan sering melompat ke permukaan. Melakukan karantina ikan baru dengan treatment obat kutu dapat mengurangi munculnya wabah kutu di kolam.

Kutu Jangkar

Penyakit ini disebabkan oleh parasit kutu jenis Anchor Worm yang menempel dipermukaan tubuh ikan dengan posisi tertanam didalam tubuh ikan, Kutu ini menghisap makanan dari inangnya dan mengeluarkan racun yang sering membekas dan mengakibatkan infeksi bakteri susulan.  Melakukan karantina ikan baru dengan treatment obat kutu dapat mengurangi munculnya wabah kutu di kolam.

Jamur Saproglina

Jamur tumbuh ditubuh ikan menyerupai kapas umumnya diakibatkan oleh jenis Saproglina yang umumnya muncul akibat parameter air yang buruk dan PH rendah.   Penularan bakteri ini cukup cepat sehingga tindakan isolasi diperlukan begitu ikan ada yang terserang jenis jamur ini.

Branchiomycosis

Penyakit ini umum disebut busuk insang yang diakibatkan oleh Branchiomyces Demigrans , penyakit ini sangat menular dan memiliki tingkat kematian 100%. Tindakan isolasi ikan diperlukan jika ada ikan yang terkena jamur ini serta tindakan seterilisasi kolam untuk menghentikan penyebaran.

Busuk Sirip dan Mulut

Penyakit ini diqkibatkan oleh bakteri Flexibacter Collumnaris sp, yang menyebabkan rusaknya sirip-sirip ikan gripis-gripis.  Pengobatan dengan antibiotik sangat menolong mempercepat penyembuhan.

Luka Borok (Ulcer)

Penyakit ini biasa muncul akibat parameter air yang buruk diawali dengan bercak merah kemudian menjadi bisul dan akhirnya menjadi luka terbuka, penyakit ini biasanya dapat dihilangkan dengan pemakaian obat antibiotik.

Pop Eye

Penyakit yang menyerang mata KOI, dimana bola mata terdesak keluar akibat desakan cairan akibat infeksi bakteri didalam rongga mata, atau sering disebabkan oleh pendarahan yang terjadi dalam bola mata.   Biasanya pengobatan dengan antibiotik dapat mengembalikan kekondisi semua.

Cloudy Eye

Jenis penyakit yang menyerang kelopak mata akibat jamur yang semakin lama semakin meluas keseluruh permukaan kelopak mata, penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan anti jamur.   Jika kita terlambat menanganinya bisa menjadikan mata buta permanen.

Dropsy

Dropsy atau Pine Cone atau sisik nanas disebabkan oleh infeksi bakteri atau dapat juga disebabkan oleh kegagalan fungsi organ tubuh ikan seperti kerusakan pada ginjal.   Dropsy yang disebabkan oleh bakteri atau protozoa pada umumnya dapat disembuhkan namun jika penyebabnya karena gangguan fungsi ginjal sulit untuk disembuhkan.

Aeromonas

Penyakit mematikan yang disebabkan oleh serangan bakteri Aeromonas Hydrophila atau Aeromomas Salmonicida dengan ciri-ciri munculnya kerusakan tubuh dan insang ikan.  Bakteri Aeromonas ini sebetulnya selalu ada di kolam kita namun jika sistem kekebalan tubuh baik maka bakteri ini dapat dihalau namun jika ikan mengalami stress maka sistem immune akan drop dengan demikian akan dengan mudah terinfeksi bakteri ini.   Penyakit ini digolongkan sebagai menyakit infeksi sistemik karena infeksi yang ditimbulkan banyak karena bakteri ini pertama kali menyerang kelenjar getah bening ikan sehingga pertahanan diri terhadap penyakit menjadi lemah.

 


Created: 11 /05/2018 –  Updated: 11/11/2019
Copyrights (C) KOI Art 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp us